Minggu, 06 Januari 2013

Mengatur Spasi dalam Paragraf Microsoft Word 2007



Secara umum dokumen yang dibuat pengetikannya dibuat ada yang mengharuskan dalam bentuk 2 (dua) spasi, 1,5(satu setengah) spasi, atau bahkan ada yang memperbolehkan 1 (satu) spasi. Langkah-langkah untuk mengatur spasi paragraf (jarak antar baris teks) adalah sebagai berikut.


A. Cara Mengatur Spasi Paragraf Melalui Toolbar Home

  1. Pada menu bar pilih Home.
  2. Pilih toolbars Line Spacing maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

    1. Tampilan Toolbar Line Spacing


    2. Selanjutnya atur sesuai kebutuhan dokumennya dengan pilihan 1 spasi sampai 5 spasi, bila anda tidak puas dengan pilihan yang ada anda bisa klik pilihan "Line Spacing Options.." (penjelasan lebih lanjut ke point B)





    B. Cara Mengatur Spasi Paragraf Melalui Dialog Paragraph

    1. Setelah klik Line Spacing Options.. maka akan muncul kotak Dialog Paragraph seperti dibawah ini.

        Kotak Dialog Paragraph

    2. Kotak Before untuk jarak dengan paragraf sebelumnya.
    3. Kotak After untuk jarak dengan paragraf berikutnya.
    4. Line Spacing untuk spasi paragraf.
      • Single adalah paragraf satu spasi,
      • 1.5 lines  adalah paragraf satu setengah spasi,
      • Double adalah paragraf dua spasi,
      • At least adalah paragraf dengan spasi dengan jarak minimal antar baris (dalam point),
      • Exactly adalah paragraf dengan jarak pasti (dalam point),
      • Multiple adalah paragraf dengan jarak spasi bervariatif.

    5. Don't add space between paragraphs of the same style untuk memberikan tanda check pada opsi ini maka spasi tidak akan ditambahkan bila paragraf anda masih dalam satu style yang sama.


    Video Tutorial Mengatur Spasi dalam Paragraf di Microsoft Word 2007





     
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...