Selasa, 08 Januari 2013

Pengolah Kata



A.  Pengertian
    Pengolah kata (Word Processing) adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk melakukan pemrosesan kata. Pengolah kata ini merupakan perangkat lunak yang selalu digunakan oleh seluruh pemilik komputer untuk tulis-menulis surat, brosur, paper, karya ilmiah, buku, majalah sekolah, dan sebagainya. 

B.  Macam-Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata
    Macam-macam perangkat lunak pengolah kata antara lain: WordStar, Corel WordPerfect, Chiwriter, Microsoft Word, dll
    1. WordStar :
    Post spoiler

    WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. WordStar masih digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada era DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks.

    Kelebihan :
    1. Word star mampu menggunakan modus non-document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menulis kode program.
    2. Menggunakan versi DOS pertama.
    3. Wordstar dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga.

    Kekurangan :
    1. Word star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai.
    2. Word star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus.karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat.
    2. Corel WordPerfect :
    Post spoiler

    Corel WordPerfect merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan di computer dengan sistem operasi windows. Corel WordPerfect Office X3 sudah memiliki kemampuan untuk mengubah dokumen kedalam bentuk .pdf, tanpa memerlukan program tambahan. WordPerrfect Office X3 juga dilengkapi kemampuan untuk membuka file .pdf, sehingga kita dapat mengedit dan mengubah isi file-file .pdf. Corel WordPerfect efisien dapat menciptakan berbagai jenis dokumen yang diperlukan untuk rumah atau kantor, termasuk surat-menyurat, laporan, tabel, bagan, selebaran, brosur, newsletter, daftar riwayat hidup dan dokumen-dokumen hukum.

    Kelebihan:
    1. Dapat membaca file yang di buat di ms.word.
    2. Dapat mengubah ataupun mengedit dokumen ke dalam bentuk pdf tanpa menggunakan program tambahan.
    3. Dapat digunakan untuk perancangan gambar.
    4. Memiliki aplikasi word processing, spreadsheet, presentasi, note-taking, e-mail, aplikasi grafis, support lebih dari 60 format file.

    Kekurangan:
    1. Aplikasi ini membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi,yaitu minimal Pentium III dengan memori 128 mb.
    2. Agak rumit untuk di pelajari bagi user yang menggunakan ms.office 2007.
    3. Beberapa fungsi sulit untuk di temukan.
    4. Integrasi antar aplikasi masih kurang.
    3. ChiWriter :
    Post spoiler

    ChiWriter adalah pengolah kata multifont ilmiah. Software Development Corporation, USA. Itu dikembangkan dan, hingga 1995, komersial didistribusikan oleh Horstmann Software Development Corporation, USA. Ini dirancang untuk bekerja dalam lingkungan MS-DOS, meskipun juga dapat diluncurkan dari sebuah ikon di bawah Windows 3.xx atau Windows 95. ChiWriter mudah digunakan, melalui menu dan keystroke pintas.

    Kelebihan:
    1. Cukup handal untuk pengetikkan bidang teknik, fisika, kimia, dan matematika.
    2. Mempunyai Fasilitas yang lebih lengkap dan canggih, dan dengan itu kita dapat mengembangkan kreasi menciptakan karakter-karakter yang sesuai dengan anda inginkan.
    3. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor.

    Kekurangan:
    1. Memiliki tampilan yang kurang menarik.
    2. Editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit, bukan pada tampilan visual hasil.
    3. Menyebabkan kematian sebagai editor teks lebih dengan font vektor untuk MS. WINDOWS mulai muncul,dan pada tahun 1996, telah dihentikan.
    4. Microsoft Word :
    Post spoiler

    Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

    Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan lebih 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, dan 2013.

    Microsoft Word mempunyai sejumlah kemampuan yang antara lain adalah sebagai berikut:
    1. Mengedit teks. Pemakai dengan mudah dapat mengetikkan teks dari keyboard dan kemudian melakukan koreksi terhadap teks yang telah terkait.
    2. Memformat teks. Pemakai mempunyai keleluasaan untuk mengatur tampilah teks. Sebagai contoh, bentuk teks tertentu dapat diatur agar tampil miring, tebal, atau digaris bawahi, selain itu pemakai juga bisa memilih font yang dikehendaki.
    3. Menyertakan dan membuat gambar. Pemakai bisa menyisipkan gambar (misalnya foto gedung atau foto orang) atau bahkan membuat sendiri berbagai bentuk seperti kotak, lingkaran, atau bahkan bentuk-bentuk lainnya yang kompleks.
    4. Membuat surat untuk sejumlah orang (mail marge). Dengan menggunakan fitur mail marge, anda bisa membuat surat yang ditujukan untuk banyak orang dengan cara membuat sebuah surat saja dan menandai bagian yang berbeda untuk measing-masing surat.


    Kelebihan :
    1. Lebih familiar dikalangan pengguna karena sering digunakan.
    2. Hadir dalam banyak versi mulai dari ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, dan 2013. Sehingga memberikan banyak pilihan bagi pengguna / user untuk menggunakan Microsoft word dalam berbagai versi.
    3. Proses penyelesaian penyelesaian dengan software ini akan lebih cepat berkaitan dengan efektvitas waktu yang diperlukan.
    4. Fitur yang diberikan lebih baik dan menarik daripada software pengolah kata yang lain.
    5. Menyediakan banyak program / menu-menu bar untuk berbagai kebutuhan.
    6. Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.


    Kekurangan :
    1. Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
    2. Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
    3. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
    4. Installer yang lebih besar.
    5. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).

Dari penjelasan diatas bahwa perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pemrosesan kata seperti pembuatan dokumen/naskah. Berbeda halnya dengan perangkat lunak pengolah angka, pengolah presentasi, pengolah data, dan pengolah gambar yang ada pada halaman blog ini.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...